Tudung Seni

You’re a Good Man Charlie Brown: Sebuah Impresi

Sebuah impresi. Bukan resensi.

image

Jakarta sepertinya kembali pada satu titik euforia bernama teater musikal. Kategori pertunjukkan jenis ini memang cukup sulit bertahan di tengah varietas hiburan masyarakat urban yang kian menjamur. Dibutuhkan ide, niat, kerja keras, komunitas sebagai pakem untuk bernaung, serta tentunya modal yang tidak sedikit. Salah satunya The Jakarta Players, sebuah komunitas teater dari sekumpulan para pecinta dan pelakon seni. Uniknya mereka berasal dari latar belakang dan kewarganegaraan yang beragam.

Pekan lalu bertempat di American Club Theatre, Brawijaya Jakarta Selatan, komunitas ini berhasil menyuguhkan kesederhanaan teatrikal, namun dikemas dalam balutan mono-dialog, lagu, dan tarian yang apik. Cerita klasik khas Broadway yang sempat fenomenal di era 70an, You’re a Good Man Charlie Brown, dikemas ulang dengan cita rasa komedi keluarga yang tak berubah. Tentu Anda masih ingat dengan sebutan geng “Peanuts”, yang sukses merajai kartun televisi berskala global, dengan ciri si anjing corak hitam-putih menggemaskan bernama “Snoopy”. Kisah persahabatan dan kekeluargaan inilah yang kembali diangkat.

Pagelaran ini disutradarai oleh seorang guru dari Jakarta International School (JIS), Keith Allerton, yang juga berkecimpung dalam seni panggung karena kecintaannya pada seluk-beluk dunia lakon. Secara umum, saya terkesan dengan tampilan minimalis lakon ini. Memang segmennya pun didedikasikan tanpa batasan umur. Sehingga dari segi pemilihan dialog, alur cerita, proporsi jumlah pemain, koreografi, hingga properti panggung yang digunakan pun tidak terbilang rumit. Penonton yang datang kebanyakan adalah keluarga muda ekspatriat yang berdomisili di ibukota kita.

Charlie Brown, Lucy Van Pelt, Linus, Sally Brown, Schroeder, Snoopy, dan lainnya, menyampaikan pesan moral tentang jalinan persahabatan yang bersahaja. Saling mendukung satu dengan yang lain. Saling berbagi dan saling menjaga. Anak-anak yang hadir di sepanjang pertunjukkan pun tak henti-hentinya tertawa geli melihat ulah konyol teman-teman Charlie Brown, baik ketika bercerita, menyanyi, maupun menari.

image

Satu lagi poin positif dari The Jakarta Players, mereka sengaja mengkontribusikan hasil penjualan tiket musikal “You’re a Good Man Charlie Brown” sebagai donasi untuk Habitat-Humanity Indonesia, sebuah organisasi yang mengusung misi membangun rumah tinggal bagi warga kurang mampu di negeri ini.

Tidak menyesal rasanya menyempatkan akhir pekan dengan sajian teatrikal berbobot seperti ini. Apalagi jika dinikmati bersama keluarga dan para sahabat. Tak ada kalimat yang lebih pas ditujukan bagi para pemainnya selain, “You’re a Good Man Charlie Brown”.

Andyna 

Februari 2010

Foto: The Jakarta Players

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s