Di Belakang Panggung · Tudung Seni

Budi Doremi di 1 Hari Yang Cerah

Pop-Reggae-nerasi. Begitu pemilik nama Syahbudin Syukur ini menarik simpul atas album perdananya. Solois kelahiran Banten yang lebih akrab di telinga kita dengan panggilan Budi Doremi. Setelah sukses ‘meneror’ telinga kita dengan single “Do Re Mi” sepanjang tahun lalu di berbagai radio hingga music gig ibukota. Kini ia hadir menawarkan album berjudul “1 Hari Yang Cerah” sebagai revitalisasi musik Indonesia.

image

Bertempat di WannaB Cafe & Resto Jakarta, Budi memperkenalkan 8 lagu bertema komikal cinta yang disuguhkan dalam albumnya. Mayoritas lagu Budi dikemas dalam balutan aransemen akustik sederhana, riang, dan mudah diingat. Seperti pada lagu “123456” yang dipilih sebagai video klip kedua. Kocokan gitar khas reggae ia padukan dengan lirik lugu tentang rasa jatuh cinta. Uniknya, ia mampu menyampaikan pesan dan karakter sedemikian jenaka.

Merasa tertantang ingin menegakkan pilar musik Melayu, Budi pun menampilkannya lewat melodi “Selayang Pandang Pelepas Rindu”. Ritme Melayu klasik terasa nyaman didengarkan dengan romansa khas pujangga. Gesekan biola, rentak bunyi gendang, sentuhan mandolin sampai suling, menjadikan lagu ini kian membumi.

Oia kekaguman Budi pada surga bawah laut Wakatobi Sulawesi Tenggara juga ia tuangkan lewat lagu “Asmara Nusantara”. Diakuinya, terpilih menjadi Duta Bajo bersama artis cantik Olivia Jensen merupakan satu kehormatan besar. Budi memang tumbuh dan merantau ke banyak tempat di bumi Khatulistiwa. Tak heran lagu ini terdengar seperti entitas rasa nasionalisme sekaligus naifnya cinta anak muda.

Harus diakui, sebagai musisi pendatang baru, Budi memiliki orisinalitas dan figur yang menyegarkan dalam industri musik negeri kita. Oh tentu saja tidak ketinggalan kemeja kotak-kotak dan ukulele favoritnya!

Waktu itu kamu pakai baju merah..

Yang kutahu aku pakai baju putih..

Kita bergandengan menyusuri kota..

Dan cinta kita seperti Indonesia..

(Asmara Nusantara, 2012)

Andyna

30 Januari 2012

Foto: @blekribe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s