Binar Bervakansi

Gugusan Gemilang Bernama Pahawang

Jangan sok sibuk deh! Yakin nggak mau ikut?
Bukan soal destinasinya. Tapi kesempatan reuniannya.
-Fajar NF

image

Hasutan bujang beruban satu itu memang hampir tidak pernah gagal meracuni keputusan trip. Maka seketika mengalirlah percakapan pagi buta. Disaksikan pojokan kuliner ibukota. Dengan polos saya menganggukkan kepala. Semacam menyiapkan mental dan suku cadang tawa untuk bersua lagi dengan komplotan petualang tergila. Bersama Gebrakers, kami kembali membelah Selat Sunda. Menuju satu lagi suaka bahari Sumatera Selatan, Kepulauan Pahawang namanya.

image

Ironi klasik pertama muncul segera setelah kami menyeberang dari Merak ke Bakauheni. Saat berusaha mencari rental mobil, tak ada satu pun warga pelabuhan yang hatam dimana letak Pahawang. Berbekal informasi ala kadarnya dan panduan bapak Kepala Desa (Kades) via telepon, justru rombongan kami yang akhirnya menuntun navigasi dua orang supir. Tak kurang dari 3 jam menyoyak jalur hutan karet dan kelapa sawit di Kabupaten Pesawaran. Kabupaten yang faktanya menjadi daerah penyangga utama provinsi Lampung. Sayang sekali tidak dikenali penduduk lokalnya. Oh pariwisata!

Rentang kepulauan ini memang tidak sepopuler Krakatau atau Teluk Kiluan. Namun harus saya akui, kerangka bawah lautnya justru lebih baik. Pak Diko, yang notabenenya menjabat sebagai Kades sekaligus nelayan harian, begitu setia mendampingi pengembaraan kami. Ia pun menjelaskan antusiasme seorang turis Perancis yang sengaja membeli salah satu pulau dan membangun sekolah publik di sini. Lalu apa kabar pengusaha pribumi?

image

image

image
Gebrakers

Ada beberapa titik favorit saya. Di antaranya seperti, Tanjung Putus. Kami berlayar melintasi dua daratan yang bersurai. Dipisahkan muara dengan riak rukun sekali. Konon kedua daratan yang seolah malu bercumbu tersebut tadinya menyatu. Hingga terpisah akibat pergeseran lempeng bumi. Hasilnya, nyaris tak nampak gulungan ombak di tanjung ini. Tunggu apalagi? Kami pun girang bukan kepalang menceburkan diri.

image
Bawah Laut Pulau Pahawang
image
Bawah Laut Pulau Pahawang
image
Bawah Laut Pulau Pahawang

Nah mozaik selanjutnya, mari menengok beberapa bukti pusat gravitasi pesona bawah laut Pahawang. Terutama di Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Klagian. Cukup dengan memasang goggle set dan bebaskan tubuh berenang sesuka hati. Lalu juntaian terumbu karang Acropora elegantula (menyerupai semak lebar), Acropora acuminata (bercabang-cabang lancip), sampai anemon muda pun siap melambai mesra. Saya tidak bisa menghitung berapa banyak Ikan Badut, Bintang Laut Biru, atau Bayi Kuda Laut yang wara-wiri di dalam sana. Sungguh jelita, Kawan!!

image
Pulau Klagian
image
Anak Pulau Pahawang

Keramahan bocah-bocah pulau akan menjadi poin plus yang sayang untuk dilewatkan. Dengan jenaka mereka melompat riang, mengeluarkan celoteh asal, dan cekikikan hingga habis petang. Inilah titipan salam gemilang dalam cengkerama alam bebas. Terima kasih, Maha Tak Berbatas.

Read more about travel stories Menjajal Pulau Tegal

ANDYNA SIGNATURE 2017 - Black

7 Januari 2013

Lokasi: Kepulauan Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Kecamatan Punduh Padada, Lampung Selatan, Indonesia

Foto: Fajar NF, Rudi, Danan, Keliling Lampung

One thought on “Gugusan Gemilang Bernama Pahawang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s