Binar Bervakansi

Tanjung Layar: Eksotisme Abrasi Terhampar

image

Tipikal pesisir selatan Jawa memang bukan hanya menarik untuk dijamah para peselancar dunia. Melainkan juga memiliki nilai wisata pembeda. Salah satu objek bahari di barat daya provinsi Banten ini contohnya. Tanjung Layar, yang menjadi bagian dari garis pantai Sawarna.

Hasil obrolan saya dengan warga setempat, tanjung ini merupakan jejak peninggalan dari kapal-kapal logistik, terutama pada masa perdagangan Hindia-Belanda. Banyak pendatang yang melabuhkan angkutannya. Mengembangkan layar mereka selama masa persinggahan. Nah, konon, dari sanalah lahirnya sebutan Tanjung Layar.

Lalu dimana letak si nilai pembeda? Menurut saya, poin paling atraktif dari Tanjung Layar terletak pada dampak abrasi. Dimana lini pantai terkikis secara natural akibat hantaman gelombang laut. Anehnya, gangguan keseimbangan alam ini justru menghasilkan ukiran menawan. Terhampar. Tergerus. Bertekstur gerigi zig-zag tajam dan mengesankan.

image

Efek abrasi tak kalah dramatis lainnya terdapat pada cekungan unik berbentuk telapak kaki raksasa. Kalau Tanah Lot – Bali punya Legenda Ular Suci, maka Tanjung Layar menyuguhkan Legenda Tapak Si Kabayan. Tokoh hikayat yang menggambarkan keluguan dan jati diri masyarakat Sunda. Emboldened!!

image

Kita bisa mencapai lokasi ini dengan berjalan kaki sekitar 20 menit saja dari sentral desa. Melintasi area perbukitan mungil dan hutan kelapa. Datanglah saat paruh waktu pagi atau siang. Sebab jika terlalu sore, arus cenderung pasang dan berbahaya.

Jadi, siapa bilang kolaborasi alam dan fabel rakyat hanya ada di Pulau Dewata? Mari jelajahi negeri dengan tawa.

ANDYNA SIGNATURE 2017 - Black

14 Maret 2013

Lokasi: Sawarna, Kabupaten Lebak, Banten, Indonesia

Foto: Indri S. Jafri, Alit, M. Reiza Faisal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s