Binar Bervakansi

MENJAJAL PULAU TEGAL

“Loh memang Tegal ada lautnya, Ndyn? Kok bisa?”

Pertanyaan menggelitik yang saya dapat, ketika bersiap melakukan satu penjelajahan bahari lagi. Tegal yang dimaksud tentu bukan salah satu kota di Jawa Tengah. Melainkan bagian dari gugusan lautan di Negeri Seribu Tapis. Tepatnya, Lampung Timur. Lalu mengapa namanya berbau sangat Jawa? Sila susuri ceritanya berikut ini.

Saya pernah mendapati cerita salah seorang cameraman sekaligus rekan kerja di kantor. Kebetulan, beliau juga gemar sekali menyelami dunia bawah laut Indonesia. Satu dari lokasi favoritnya ada di Pulau Tegal. Bahkan tak jarang, ia diminta mendampingi kelompok mahasiswa dalam rangka penanaman budidaya koral. Menurutnya, soal biota, kawasan ini bisa dikategorikan sehat. “Semoga saja tidak ada pengerukan liar atau kiriman limbah ya. Pengen juga toh suatu hari ngajak cucu ke sini”, harapnya.

image
Surface
image
The Edge
image
Visibility

Mendapati Pulau Tegal terasa seperti bajak laut mendapati dataran subur. Membentang hijau tak berpenghuni. Tipikal perairan dangkal, bertubir landai, berpasir kuning gading. Pijar matahari memantul air tak kalah sempurna. Nah konon, para pendatang dari kota Korps Marinir itulah yang pertama kali menjejak pulau ini. Sejak saat itu dinamakan Pulau Tegal.

Usai menikmati piknik makan siang, saya beranjak meraba lambung pulau. Disinilah terhampar magis sebuah ladang ilalang, yang entah kenapa, bagi saya, lebih nampak seperti ladang ganja (hehehe). Siang itu, tidak ada manusia lain selain rombongan kami, Gebrakers. Bagai pulau pribadi, Boi!

image
Lambung Pulau
image
Lambung Pulau

Setelah menjajal bawah lautnya, saya pun harus mengamini cerita rekan kerja tadi. Tumpukan reef coral – fan coral tampak menjulur rapat. Tersulam anggun dengan air laut hijau-kebiruan sebagai perekat. Kejernihannya sangat cocok bagi pecinta free dive. Kisaran 5 meter dari permukaan, kita sudah bisa mengintip si mungil Clown Fish yang bersembunyi malu di balik rumah anemon. Like literally Finding Nemo!

image
Bawah Laut Pulau Tegal
image
Bawah Laut Pulau Tegal
image
Bawah Laut Pulau Tegal

Selain Pulau Tegal, adapula lokasi unik lain yang tak jauh radiusnya. Seperti Pulau Mak Item, Pulau Klagian Kecil, dsb. Bertandanglah sesekali kemari, terutama kala rutinitas mulai jengah. Saya yakin Anda akan terperangah. Agenda melaut kali ini ditutup dengan gerombolan Elang Putih terbang molek di atas perahu saya.

Jelajahi negeri dengan tawa!

Read more about travel stories Sisi Hitam Putih Pulau Tunda

ANDYNA SIGNATURE 2017 - Black

30 Juli 2013

Lokasi: Lampung Timur, Indonesia

Foto: Rudi

One thought on “MENJAJAL PULAU TEGAL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s