Binar Bervakansi

Buntu Burake

BUNTU BURAKE 2017 1

“Astaga! Jadi ini lebih tinggi dari yang ada di Brazil?”, gumam saya seraya perlahan menurunkan kaca mobil. Saya terus berjalan mendekati lembah berselimut pepohonan liar yang justru bukan jalur sebenarnya. Kalau sudah terpesona begini, saya seringkali tidak menghiraukan sekitar sampai akhirnya teman-teman pun memanggil di belakang.

Sudah dua tahun terakhir, Buntu Burake menjadi paras baru bagi agenda melancong Tana Toraja. Patung Yesus setinggi lebih dari 40 meter ini tampak gagah menjulang pada 1700 MDPL (meter di atas permukaan laut). Berdiri tegak dengan kedua tangan menelungkup ke depan. Seakan memberkati serdadu-serdadu tebing kapur dibawahnya.

BUNTU BURAKE 2017 2

Seorang seniman asal Bantul, Yogyakarta, bernama Hardi Wardoyo Suarto merakit patung tersebut dalam bentuk lempengan-lempengan, kemudian disusun ke atas bukit. Namun sampai saat ini, entah kenapa belum ada semacam klaim atau registrasi resmi bahwa Buntu Burake adalah patung Yesus terbesar dan tertinggi kedua di dunia setelah Christ The King (52,5 meter) di Polandia. Pun mengalahkan Christ The Redeemer (30 meter) milik Rio de Janeiro, Brazil.

Dengar-dengar dari warga sekitar, kawasan wisata religi Buntu Burake nantinya akan disempurnakan dengan penambahan gedung pertunjukan dan kereta gantung. Bayangkan beberapa tahun lagi, kita bisa menikmati teatrikal Jalan Salib dalam suka cita perayaan Paskah di sini. Now that, would be entrancing!

Read more about travel stories Telusur Tambah Timah

Disclaimer:
Ditulis untuk semangat gerakan #1Minggu1Cerita

logo

andyna-signature-2017-black

23 Februari 2017

Lokasi: Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia

Foto: Andyna, Frieda Wulandari

 

16 thoughts on “Buntu Burake

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s