Binar Bervakansi

BANGKA: 5 Hal Yang Wajib Dicoba

Hayo ngaku! Siapa yang baru tahu kalau Bangka dan Belitung adalah 2 pulau berbeda? Tenang, teman-teman saya pun masih ada yang suka keliru kok. Sebenarnya Pulau Bangka itu 1 dari 500 lebih pulau yang tersebar di provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sinting kan? Banyak banget! Luas Bangka sendiri melebihi 2x lipat Pulau Bali. Jadi bervakansi ke sini tidak akan cukup sekali. But no worries, saya tetap akan berbagi 5 hal menarik yang wajib kalian coba di Bangka. Finger scrolling!

PULAU BANGKA - 20

PULAU BANGKA - 2
Puri Tri Agung

1. Pantai Rambak

Ibarat gula dikeroyok semut, maka Bangka dikeroyok garis pesisir absolut sepanjang perbatasan. Yang paling saya suka namanya Pantai Rambak. Sekitar 1 jam dari pusat kota Pangkal Pinang. Arusnya tenang, tepiannya landai, pasirnya empuk dan bersih. Ditambah lagi, sepi gila-gilaan! Mau gusel-gusel atau renang berjam-jam, tidak akan ada yang ganggu.

PULAU BANGKA - 4
Pantai Rambak: Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka.

PULAU BANGKA - 6
Di Hadapan Selat Gaspar

Oia, ada beberapa bagian pantai juga yang punya ciri khas batuan granit loh. Walaupun jumlah dan ukurannya, menurut saya, tidak semasif di Belitung.

PULAU BANGKA - 5
Pantai Parai Tenggiri: Sinar Baru, Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka.

PULAU BANGKA - 3
Pantai Tikus Emas: Parit Padang, Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka.

2. De Locomotive

You know what? It’s okay for being touristic sometimes. Apalagi kalau tempatnya memang asyik buat jalan-jalan. Contohnya, De Locomotive. Main sore-sore di sini seperti sedang mengunjungi pasar seni khas Bangka. Penuh ornamen hias warna-warni, patung replika, galeri buku, sampai penangkaran Penyu.

PULAU BANGKA - 10
Strolling

PULAU BANGKA - 15
I’d Rather Be a Geek

3. Petualangan Perut

Lupakan segala perhitungan kalori selama berada di Bangka. Cause this is the place with a nonstop mouth-watering culinary. Dari Kopi Tuang Tu (saya doyan banget Es Kopi Susunya), Roti Selai Duren, Siomay, Kepiting Asap, hingga Martabak Acau rasa pandan keju. Kenikmatan hakiki!

PULAU BANGKA - 8
Yang kebarat-baratan ditemani Cookies. Yang ketimur-timuran ditemani Semprong.

PULAU BANGKA - 14
Es Kopi Susu Tung Tau feat. Roti Selai Duren

4. Danau Kaolin Air Bara

Eits! Bukan cuma Belitung yang punya Danau Kaolin dengan rona sedemikian dahsyat. Bangka juga ada. Tepatnya di Kabupaten Koba. Biarpun ini bukan pertama kali saya melihat sisa keajaiban pengerukan timah, rasa kagumnya tidak berkurang. Coba deh pikir, air limbah kok cantiknya bisa kayak begini? 

PULAU BANGKA - 12
Bluish

PULAU BANGKA - 17
Ikka Wuwiwa

5. Rumah Jendela Inspirasi

Berawal justru dari permintaan warga sekitar untuk izin berfoto, satu tahun lalu Rumah Jendela Inspirasi ini resmi dibuka sebagai objek wisata. Interiornya nyentrik. Cocok buat dikunjungi sama teman-teman. Selesai jeprat-jepret, kita bisa memesan aneka teh dan kopi di beranda lantai satu.

PULAU BANGKA - 11
Edisi Komplit

PULAU BANGKA - 18
Saxo Kinda Guy

Karena waktu kunjungan terbatas cuma 2 hari, saya hanya menyinggahi sisi barat Pulau Bangka saja. Itu pun belum hatam semua. Tidak butuh itinerary kok. Yang penting, kalian jago nyetir jarak jauh dan rajin buka Google Maps hahaha! Selamat mencoba. Jelajahi negeri dengan tawa.

GIVEAWAY ALERT

BATH AND BODY WORKS - 1

Ada 1 paket summer kit kece dari Bath & Body Works. Mulai dari shower gel, lotion, sampai body mist yang bakal bikin kamu stay gorgeous sepanjang liburan. Caranya gampang! Cukup kasih komen paling cihuy di bawah post ini. Will announce the winner on Sunday (14/5/17). Good luck, Boogies!

[PENGUMUMAN PEMENANG]

Terima kasih tak terhingga buat kalian yang sudah membaca dan meramaikan tulisan ini. Komen yang terpilih dan berhak mendapatkan giveaway adalah Nindia Hassan. I will contact you through email and send the package right away. Congrats! Buat yang lain, jangan kapok tungguin giveaway berikutnya ya.

Disclaimer:
Ditulis untuk semangat gerakan #1Minggu1Cerita

LOGO

ANDYNA SIGNATURE 2017 - Black

9 Mei 2017

Lokasi: Pulau Bangka, Sumatera Selatan, Indonesia

Foto: Andyna, Ikka Wuwiwa, Rumah Jendela Inspirasi

39 thoughts on “BANGKA: 5 Hal Yang Wajib Dicoba

  1. Alamak.. Pantai Rambak itu menggugah iman -______-
    Sekalipun belum pernah ke sana biarpun dekat. Cuma pernah dengar kalau pantai-pantai di sana kalah bagus dengan yang di Belitung. Tetapi setelah melihat ini, nggak berani saya percaya apa yang saya dengar. Rambak aja bagusnya overdosis.
    Btw fotografernya canggih sekali! Fotonya kualitas wahid. Terutama yang di kaolin itu. Makin berasa eksotis, makin terlihat bagai kaca

    Like

  2. Ya Allah, Ndyyyn…. Bagus-bagus amat ini tempatnya. Tiap minggu lo selalu bawa cerita yang bikin gw geleng-geleng kepala sangking bagusnya. Dan semakin ngerasa gue rugi banget gak pernah kemana-mana. Hiks!

    Top berat!

    Like

  3. Gak sanggup
    Gak ngerti
    Gak kuat

    Your blog is insane!!!!!! Saya yang orang Jambi deket banget tapi nggak pernah kepikiran nyoba main kesana. Selalu ribet kalo mesti izin sama suami dulu wkwkwkwkwk!

    Nggak nyangka Bangka ada objek2x fantastis begini. Lucu-lucu pula fotonya. πŸ‘

    Like

  4. Aduh Mbak… selalu deh jadi blog favorit tiap minggu buat dikunjungin. Manjain mata banget bacanya. Terus infonya juga unik, gak pasaran. Niat nulisnya, ku mesti belajar banyak niy.

    Btw, mahal nggak sih Mbak jalan-jalan ke Sumatera? Ini berarti pesawatnya ada yg direct dr Jakarta ya?

    Like

    1. Terima kasih banyak. Aku yang tersanjung dikunjungin Mbak Miranti.

      Mahal/murah relatif, dan tergantung trip planningnya gimana. Pesawat direct Jakarta – Pangkal Pinang.

      Like

  5. Sumpah mau bgt bath & body nya huhuhuhu!!!!!!!

    Ehem, yang pasti ini bukan blog walking pertama. Pokoknya selalu ditungguin cerita2nya setiap minggu, kalo perlu post tiap hari juga aku pasti baca hihihiiii.

    Penasaran sama si Kopi Tuang Tau itu jadinya. 😞 Kenapa sih kak, bikin orang mupeng liburan aja udah nyesek. Tambah lagi bikin orang laper. Tapi tetap kunanti terus!!!

    Pilih komenku ya kaaak 😜

    Like

  6. Ya masa gua baru tau Bangka lebih gede dari Bali??? -.-“””

    Mantep parah ini tripnya. Ceritanya beda. Foto”nya syuuurrrr. Ga diragukan lagi lah!

    Like

  7. Pernah dibilangin sama orang mendingan ke Bangka daripada Belitung. Gara-gara baca ini buyar semua! Ini sih wajib banget diikutin poin-poinnya. Santai, tapi seru. Banyak cerita pula. TOP,,, Asli Dyn, itu bulir es kopinya ampe netes. Bikin ngiler. Bikin pengen.

    Like

  8. Setuju banget sama ulasannya. Malah banyak yg nyangka cuma Belitung penghasil timah legendaris di masa kolonial. Padahal di Bangka pun juga punya SDA yang sama, dan lebih besar wilayahnya. πŸ€—

    Like

  9. Gila ih warna Danau Kaolinnya!!! Kayak cermin gitu ya, bersih banget birunya. Bagusan mana sama yang si Belitung, Din?

    Like

  10. Gokil itu pantainya enak banget diberenangin lama-lama dah….. Nggak hujan ya disana? Malah cerah gitu? Langitnya juga asoy banget. Emang nih destinasinya selalu jempolan mba andyna. Salam petualang!

    Like

  11. wah yang rumah jendela itu alamatnya dimana kak? lucu parah ih. open trip dong kapan-kapan, biar kita yang baca juga bisa daftar ikutan heheheee

    pokoknyaaaa ❀❀❀❀❀❀

    Like

  12. Ngebayangin itu kue semprong dicelupin ke kopinya. Endes…..

    Saya suka deh cerita perjalanannya lengkap. Nggak cuma wisata alam aja. Bahasanya juga luwes, kayak lagi ngedengerin ngomong langsung, nggak kayak baca. Mana fotonya juga keren2 semua. Manteb mbaknya….

    Like

  13. Gua laper kelar baca postingan ini. Mendadak ngiler roti bakar durennya ya ampun! Enak kelihatannya buat kulineran sama keluarga. Bawa anak kecil kesana aman gak sih Dyn? Good writing btw.

    Like

  14. Bangka seakan kalah pamor sama Belitung. Mungkin mesti ada penulis yang bikin buku atau film dulu. Krn harus diakui pariwisata Belitung juga bisa keekspos sama anak muda krn buku dan film.

    Like

  15. Sekarang tiap minggu aku pasti mampir ke blogmu kak. Betah scrolling sampe bawah2x pun. Berasa kayak diajak ikutan ngetrip bareng. #ngarep #amin

    Like

  16. Subhanallah Mbak…. Beruntung sekali bisa lihat tempat semegah ini. Serius ga nyangka ini di negara kita sendiri tempatnya. Tadi pas baca caption agak aneh terus bertanya kno pilihan destinasinya nggak umum. Ternyata isinya begini. Ngga nyesel muterin blog ini….

    Like

  17. Kapan kamu nikah, biar saya punya alasan main ke Bangka, begitu tanya saya pada teman kos 5 tahun lalu.Jawabannya cuma senyum lebaaar sampai hari ini.
    Masuk wishlist touring independen nih

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s