Tudung Seni

3 CERITA 1 RUANG: Kelangkaan Intimasi Musik dan Jati Diri

“Tidak masalah kalian belum hapal atau tahu semua lagu kami.

Justru inilah momen kami memberi kurasi karya dan

kalian bisa memilih mana yang kalian suka.” -Kunto Aji

3 CERITA 1 RUANG - 38

Bermula dari ambisi liar di kepala Kunto Aji, untuk melahirkan sebuah Intimate Tour di Indonesia. Ia pun mewujudkan gagasan ini bersama 2 musisi muda bersinar lainnya, Eva Celia dan Jordy Waelauruw. Dalam kolaborasi showcase bertajuk 3 Cerita 1 Ruang.

Setelah menyinggahi 5 kota sebelumnya, yaitu Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, dan Bandung. Tadi malam, ketiga musisi yang sama-sama baru meretas album dan tur pertama ini akhirnya tiba di titik pamungkas, Jakarta. Teater Salihara, sebagai salah satu zona seni kuat metropolitan, terpilih menjadi arena pertunjukan yang berdurasi tak kurang dari 3 jam tersebut.

3 CERITA 1 RUANG - 35

Pesan intimasi pertama yang sangat membuat saya berdecak kagum adalah unsur kedekatan. Tata panggung sengaja tidak dibuat berlevel, melainkan sejajar dikepung 4 sisi penonton. Para musisi asyik bermain dengan hanya beralas karpet. Saya bahkan cuma duduk menggunakan sand bag seat mungil. Di antara jeda lagu, Aji, Eva, dan Jordy begitu membumi dalam baur canda dan tanya jawab dengan penonton.

3 CERITA 1 RUANG - 2

3 CERITA 1 RUANG - 39

Jordy Waelauruw

Membius! Mungkin satu kata yang tepat mewakili impresi saya tentang pria asal Maluku ini. Jordy memakai terompet sebagai pion utama lagu-lagu di album perdananya, Stand Still. Namun ia balut dengan kecerdasan Soul-RnB. Bahkan sesekali ia jahil memasukkan robotic sound effect ala Daft Punk. I couldn’t remember how many times I had jaw-dropping moment cause he was just so unbelieveable. This dude is LIT AF!

3 CERITA 1 RUANG - 7

3 CERITA 1 RUANG - 5

Kunto Aji

Berada di jalur independen menjadi keputusan jebolan Indonesian Idol yang baru saja menjadi seorang bapak ini. Sebab disinilah Aji menemukan ekosistem bermusik yang sehat, hingga ia bisa menuntaskan album Generation Y murni dari hati. Harus diakui, Aji memiliki kematangan aransemen dan garapan lirik yang benar-benar terasah.

3 CERITA 1 RUANG - 14
“Waktu ikut manajemen lama, gue pernah disuruh pacaran sama model atau artis biar ngedongkrak popularitas. Gue sadar, gue jadi nggak jujur sama karya gue.”

3 CERITA 1 RUANG - 23

Stage Gimmick favorit saya berada pada lagu Mercusuar, dimana Aji berdiri dikelilingi choir berbaju hitam, dilengkapi cahaya senter sebagai metafora cahaya suar di tengah lautan. Cemerlang!

Eva Celia

Biarpun mengaku masih pegal-pegal karena 12 hari berturut-turut tidur di bis tur, Eva justru tampil tak bercela. Ada 6 lagu dari album And So It Begins yang dibawakan begitu bernyawa dan interaktif. Saya sudah mengikuti talenta Eva sejak ia kerap tampil satu panggung dengan ayahnya, Indra Lesmana. But this time, I found her energy in a different way. She performed so calm and charismatic. Malam itu, sebenarnya saya membawa CD album Eva dengan niat untuk ditandatangani, tapi ternyata gagal karena antrian bubaran sangat panjang hahaha! Next time it’s a must!

3 CERITA 1 RUANG - 29
“Lo nggak perlu berkompromi dengan seni yang lo mau. Jangan takut jadi independen.”

3 CERITA 1 RUANG - 27

Ibarat sajian makan malam, maka 3 Cerita 1 Ruang memberi sensasi per tahap. Jordy bagaikan entrée berupa Seared Scallops. Aji bagaikan main course berupa Foie Gras. Eva bagaikan dessert berupa Punch Romaine. Sangat memuaskan! Semoga tradisi intimasi musik langka seperti ini panjang umur. Agar khalayak bisa menikmati, musisi pun tak kehilangan jati diri. Setuju?

Read more about music ➸ Cara Nonton Live Streaming JOOX

Ditulis untuk semangat gerakan #1Minggu1Cerita

LOGO

ANDYNA SIGNATURE 2017 - Black

17 Mei 2017

Lokasi: Jalan Salihara No. 16, Pasar Minggu, Jakarta, Indonesia

Foto: Andyna, Teddy Adhitya, Lorong Musik

15 thoughts on “3 CERITA 1 RUANG: Kelangkaan Intimasi Musik dan Jati Diri

  1. Allahu Akbaaaaar Eva cakep amat yak ampoooon….. gua kaget pertama denger lagu” dia di Spotify, nurun banget bakat musik bokapnya

    Like

  2. Suka main ke salihara ya kak? deket sama rumahku tuh, tapi gak pernah berani ke sana sendiri. Dapet infonya konser begini dari mana kak?

    Like

  3. Kunto Aji salah satu solois berbahaya saat ini. Potensial banget buat lebih besar lagi. Dan terbukti lagu-lagunya tetap bisa jadi radioplay.

    Like

  4. emang beda ya musisi yg bermusik pake hati sama yg mikirin royalti doang

    tambah nyesel gw ga bela2in dateng, weekdays sih bikinnya 😞

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s