Tudung Seni

FLOW INTO NOW: Republik Serba Kekinian

ART SAMPOERNA - 8
Asal Menunjukkan Usul – Hermawan Tanzil

Merasakan transisi hidup antara era pradigital dan digital adalah satu dari banyak hal yang dialami Generasi Y, termasuk saya. Jika diibaratkan Snowball Effect, fenomena ini membentuk beraneka positivitas sekaligus negativitas dalam waktu bersamaan, dan semakin lama semakin membesar. Contoh paling gampang, sebut saja hoax alias pemberitaan palsu. Ada sih yang sudah cerdas melakukan 3S (Saring Sebelum Sharing). Tapi tidak sedikit pula yang bertingkah reaktif dan bikin suasana justru bertambah keruh. Uhuk!

ART SAMPOERNA - 13
Voodoobot “Right Now Hoax Become Breakfast” – Gatot Indrajati
ART SAMPOERNA - 9
Perfection of Imperfection – Erwin Windu Pranata

Kekinian. Istilah yang merujuk pada keberadaan masa saat ini. Didalamnya, kita meretas berbagai macam persoalan manusia sesuai dengan pilihan masing-masing. Hidup tak lagi sekedar memerkarakan pangan, sandang, dan papan. Kita seolah menggenapi piramida hierarki Maslow di puncak teratas; kebutuhan aktualisasi diri. Maka segala sesuatu seolah harus serba kekinian.

ART SAMPOERNA - 5
Mirror – Steven Huang
ART SAMPOERNA - 10
Shopping – Sardjito
ART SAMPOERNA - 16
The Haters & The Lovers – Yfana Khadija Amelz

Tidak ada yang salah, sesungguhnya. Namun hakikat kekinian tidak semata terkait teknologi mutakhir kan? Seni kita pun bisa menemukan rasa resahnya ketika bersusah-payah beradu di lini globalisasi. Maka pekan lalu, Sampoerna Strategic bekerja sama dengan Mobiliari Group, menjawab keresahan ini melalui program Art Sampoerna.

ART SAMPOERNA - 1
Mencari Jalan – Putu Sutawijaya
ART SAMPOERNA - 3
Dreams of My Mother Series – Nus Salomo

Dalam pameran ini, Art Sampoerna menampilkan kumpulan karya dari 49 seniman. Mereka menjelma dalam bentuk seni rupa, arsitektur, ilustrasi, mode, maupun aplikasi industri kreatif lainnya. Splendour!

ART SAMPOERNA - 4
Torque Ellipse Jacket & Deconstruction – Auguste Soesastro

ART SAMPOERNA - 15
Darth Madder – Nus Salomo

Para seniman diberi kebebasan berekspresi tentang hal-hal kekinian dengan pilihan framing dan media karyanya masing-masing. Namun benang merah mereka tetap satu, yaitu merefleksikan kompleksitas Indonesia.

ART SAMPOERNA - 11
Citra Bali Dalam Lapisan Ilusi – I Wayan Suja

ART SAMPOERNA - 2
There’s Never a Forever Thing – Krisgatha Achmad

Selain eksibisi, Art Sampoerna juga membuka beragam sesi workshop bersama kurator dan seniman yang terlibat. Pengunjung pun diperbolehkan membeli satuan karya jika berminat. Sebagai gelaran perdana, menurut saya, program ini cukup padat dan tepat sasaran dari segala aspek. Terlebih, ia berhasil mengalirkan isu cyberspace yang, perlahan tapi pasti, ikut menggerogoti gaya hidup bangsa ini. Ah halo, kekinian!

Read more about art ➸ Tough Romance: Sinergi Rasa Natisa Jones 

Ditulis untuk semangat gerakan #1Minggu1Cerita

LOGO

ANDYNA SIGNATURE 2017 - Black

22 Mei 2017

Lokasi: Sampoerna Strategic Square, Jakarta Selatan, Indonesia

Foto: Andyna

15 thoughts on “FLOW INTO NOW: Republik Serba Kekinian

  1. Bener bgt tuh. Gedeg sama org yg hari gini masih seenaknya nyebarin hoax, gak pake mikir, gak pake riset, modal scrolling doang.

    Sadis sih ini temanya millenial tapi bisa digabung sama seni, macem” lagi jenisnya. Yahud mbak!

    Like

  2. Ndyyyyn….. your angle, your structure, your signature storytelling, im so stunned! Foto2xnya juga tambah dahsyat……

    Like

  3. Cannot agree more.. saya rasanya sudah lelah buka sosmed kalo isinya A sama B gak mau kalah. Gak bisa apa yah si A punya pendapat, si B punya pendapat yaudah hargai aja masing masing biar yg baca gak ikutan pusing 😂. Anyway art sampoerna ini cuma sampe tgl 21 mei ya?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s